Tecno POVA 4: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7Tecno Mobile, brand asal Tiongkok, meluncurkan salah satu ponsel terbarunya, Tecno POVA 4, pada 17 Oktober 2022. Tecno POVA 4 pertama kali diluncurkan melalui program flash sale di tanggal yang sama. Ponsel ini pun langsung menjadi incaran semua orang.

Tidak heran, karena Tecno POVA 4 menawarkan layar besar 6.82”, kamera 50MP, dan baterai jumbo 6000mAH. Ponsel ini juga menggunakan prosesor MediaTek Helio G99 yang gahar. Seperti apa spesifikasi lengkapnya? Berikut ulasannya.

Spesifikasi Tecno POVA 4

Tecno POVA 4 hadir dengan spesifikasi ponsel mid-range. Ponsel ini menghadirkan fitur lengkap, termasuk NFC (Near Field Communication) untuk transaksi cashless. Simak spesifikasi lengkap Tecno POVA 4 berikut ini:

1. Desain Slim Futuristik dengan Tekstur Premium

Tecno POVA 4 dirancang bodi berukuran 170.6 x 77.5 x 8.7 mm. Selain layar kaca, material plastik dipilih untuk frame dan bodinya di bagian belakang. Terlihat juga dua bulatan kamera di pojok kiri atas pada bodi belakang ponsel, sebagai fitur dual camera. Sementara, varian warnanya yaitu Cryolite Blue, Lava Orange, dan Uranolith Grey.

2. Chipset Helio G99 Hadirkan Kinerja Tingkat Tinggi

Tersemat prosesor dengan chipset MediaTek MT8781 Helio G99 (6nm) pada Tecno POVA 4. Prosesornya bekerja dengan CPU octa-core 2×2.2 GHz Cortex-A76 dan 6×2.0 GHz Cortex-A55, serta GPU Mali-G52 MC2. Tak lupa tersedia ruang penyimpanan RAM 8GB dan memori internal 256GB.

3. Layar Besar 6.82” dengan Grafik Halus, Detail, dan Imersif

Ponsel Tecno POVA 4 didesain dengan layar besar 6.82”. Layarnya IPS LCD dengan refresh rate (tingkat penyegaran) layar 90Hz. Sementara, rasio layar ke bodi yaitu 84,9%. Sedangkan, resolusi grafiknya 720 x 1600 pixels dengan kerapatan pixel per inci (ppi) yaitu 257 ppi.

4. Kamera AI 50MP untuk Gambar Ultra-Jernih

Pada ponsel premium ini terdapat kamera utama di bagian belakang yang berupa dual camera. Di belakang bodinya terdapat kamera wide 50MP dan satu lagi kamera utama. Sementara, di bagian depan ponsel terdapat single camera, yaitu kamera 8MP untuk berfoto selfie dan video call.

5. Baterai Besar 6000mAh dengan Pengisian Daya Cepat 18W

Tecno POVA 4 dibekali dengan baterai yang memiliki daya jumbo. Daya baterai 6000mAh siap menemani semua aktivitas. Tidak lupa, baterainya mendukung teknologi fast charging dengan pengisian daya 18W.

6. Ada Tambahan Fitur NFC dan Giroskop untuk Gaming

Tecno POVA 4 juga dilengkapi dengan fitur NFC yang mendukung transaksi non-tunai. Ponsel ini juga dibekali teknologi Panther Engine 2.0 untuk meningkatkan daya, serta Game Space 2.0 untuk antarmuka saat bermain game. Terdapat juga giroskop untuk mengoptimalkan akurasi game FPS (First Person Shooter).

Harga Tecno POVA 4

Tecno POVA 4 dijual di Indonesia dengan varian RAM dan memori internal 8GB dan 128GB / 256GB. Untuk RAM bisa ditambah maksimal menjadi 8+5GB. Berikut harga Tecno POVA 4:

  • Tecno Pova 4 – 8+5GB / 128GB – mulai dari Rp2,3 jutaan.
  • Tecno Pova 4 – 8+5GB / 256GB – mulai dari Rp2,7 jutaan.

Kelebihan Tecno POVA 4

Berikut kelebihan Tecno POVA 4 yang dapat menguntungkan pengguna, yaitu:

1. Kapasitas Besar RAM 8+5GB dan Memori Internal 256GB

Tecno POVA 4 ideal untuk bermain game. Dengan RAM 8GB yang bisa ditingkatkan hingga 5GB, serta memori internal sampai 256GB, ruang penyimpanannya terbilang besar. Pemuatan juga cepat dan mulus, tidak akan terjadi lag. Waktu memuat aplikasi pun ditingkatkan hingga 61% di atas rata-rata.

2. Ada Fitur Hard Gyroscope untuk Meningkatkan Pengalaman Gaming

Pengalaman bermain game menjadi sempurna berkat adanya hard gyroscope, yaitu sensor dalam game FPS (first person shooter). Contohnya, seperti untuk game shooter PUBG, balapan, dan lainnya. Sensor hard gyroscope berfungsi untuk mengendalikan arah serta membantu dalam membidik. Jadi, pengalaman bermain game terasa superior.

3. AI Speaker Ganda yang Dapat Mengurangi Kebisingan

Ada AI speaker ganda yang dapat mengurangi kebisingan. Dengan dua speaker ini, pengalaman mendengarkan ditingkatkan sepenuhnya. Pengguna akan dibawa masuk sepenuhnya ke dalam game. Sensasi gaming akan terasa maksimal. Pengguna juga tidak akan terhalangi oleh kebisingan di sekitar untuk bermain game.

4. Sistem Peredam Panas Membuat Suhu Ponsel Stabil Saat Gaming

Tecno POVA 4 hadir dengan teknologi sistem peredam panas stereo dengan tabung grafir pendingin. Teknologi tersebut membuat pengguna tetap tenang dalam pertempuran panas, khususnya saat gaming. Ada pembuangan panas grafit multi-lapis yang melapisi baterai, motherboard, dan face shell.

5. Dilengkapi Panther Engine 2.0 dan Antarmuka Game Space 2.0

Panther Engine meningkatkan kekuatan untuk bermain game agar semakin mulus dengan full frame, tapi konsumsi dayanya lebih rendah. Di samping itu, ada peningkatan antarmuka keren di Tecno POVA 4, dengan Game Space 2.0. Mode peralihan menjadi sangat cepat, performa pun meningkat. Ada grafik radar performa baru untuk aktivitas gaming.

Kekurangan Tecno POVA 4

Ada juga kekurangan Tecno POVA 4 yang dapat diperhatikan, di antaranya:

1. Refresh Rate Tidak Stabil di Angka 90Hz

Tecno POVA 4 diklaim memiliki refresh rate 90Hz. Namun, berdasarkan hasil pengujian, saat digunakan untuk menggulir cepat, contohnya di aplikasi YouTube, refresh rate tersebut tidak konsisten. Refresh rate cenderung naik turun antara 90Hz dan 60Hz. Grafiknya tetap tajam, tapi tampilan layar dan guliran dengan refresh rate 60Hz tidak semulus 90Hz.

2. Update Software Belum Maksimal

Tecno POVA 4 belum optimal untuk pembaruan software. Seperti pada ponsel ini untuk sekarang, sistem operasinya masih menggunakan Android 12, belum OS terbaru Android 13. Di samping itu, update untuk OS dan software-nya biasanya belum dioptimalkan. Seperti misalnya, tidak ada pembaruan software, atau software mengalami gangguan.

3. Kecepatan Charging 18W Terbilang Rendah

Daya baterai besar 6000mAh menjadi keunggulan yang membuat ponsel ini awet digunakan berjam-jam. Namun, daya charging-nya cukup kecil, 18W saja. Maka, kecepatan charger-nya terbilang masih kurang, mengingat baterainya yang besar dengan daya 6000mAh. Jadi, perlu waktu cukup lama untuk nge-charge sampai baterai penuh.

4. Resolusi Layar HD+ Mungkin Kurang Optimal

Tecno POVA 4 memiliki layar datar 6.82”, dengan panel IPS LCD, beresolusi 1640 x 720 pixel. Jadi, layarnya HD+ dengan grafik yang sesuai dengan kualitasnya. Tampilan visual layar tentu tidak terlihat buram, tapi resolusi HD+ mungkin kurang optimal. Ketajamannya bukan yang paling tajam, meskipun terlihat jernih.

5. Sektor Kamera 50MP Masih Kalah Saing

Tecno POVA 4 dilengkapi dengan kamera utama 50MP. Namun, kameranya tersebut cukup jauh tertinggal dari smartphone lain di kelasnya. Seperti misalnya, jika dibandingkan dengan Xiaomi Redmi Note 10S, yang memiliki empat kamera utama 64MP, 8MP, 2MP, 2MP. Tecno POVA 4 hanya memiliki kamera utama 50MP saja.

Jadi, Tecno POVA 4 paling cocok untuk pengguna yang hobi bermain game. Besarnya kapasitas RAM, memori internal, dan daya baterai, menjadi kombinasi yang tepat untuk gaming. Meng-install aplikasi dan game serta menyimpan file juga mudah, berkat adanya ruang penyimpanan besar hingga 256GB.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Satu pemikiran pada “Tecno POVA 4: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan”

Tinggalkan komentar