Tecno Pova 4 Pro: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7Brand smartphone asal Tiongkok, Tecno Mobile, merilis smartphone Tecno POVA 4 Pro pada awal Oktober 2022. Tecno adalah brand premium dari Transsion Holdings yang juga merupakan perusahaan induk Infinix.

Ponsel terbarunya, Tecno POVA 4 Pro, hadir dengan spesifikasi yang telah dioptimalkan dari generasi sebelumnya, Tecno POVA 4. Simak spesifikasi Tecno POVA 4 Pro berikut ini.

Spesifikasi Tecno Pova 4 Pro

Tecno POVA 4 Pro menawarkan pilihan warna yang sporty. Selain itu, pengisian baterai pada versi Pro ini sudah lebih cepat, dengan daya 45W. Di samping itu, giroskop di ponsel ini dilengkapi dengan teknologi Motor Linear Sumbu Z untuk pengalaman gaming interaktif.

Berikut spesifikasi Tecno POVA 4 Pro selengkapnya:

1. Desain Terobosan Widmanstatten Prism

Desain Tecno POVA 4 Pro menerapkan pola Widmanstatten, atau dikenal dengan struktur Thomas. Desainnya terinspirasi dari meteorit, serta butiran-butiran kecil yang di celah-celah lapisan keraknya.

Sementara, untuk dimensinya yaitu 164.8 x 77 x 9.2 mm. Sedangkan, layarnya terbuat dari kaca, dengan frame dan bagian belakang menggunakan material plastik.

2. Chipset Helio G99 Kinerja Tingkat Tinggi

Tecno POVA 4 Pro dibekali dengan prosesor chipset MediaTek Helio G99 dengan re-evolusi kinerja tingkat tinggi. Chipset-nya bekerja dengan arsitektur 6nm CPU Octa-Core HyperEngine 2.0 Arm Mali-G57 MC2 GPU.

Sementara, di ruang penyimpanan tersedia RAM 8GB yang dapat ditambah hingga 5GB. Juga tersedia memori internal ROM (Read-only Memory) maksimum 256GB.

3. Layar AMOLED 6.6” Refresh Rate 90Hz

Tecno POVA 4 Pro dirancang dengan desain layar AMOLED seluas 6.66” dengan 90Hz refresh rate. Sementara, rasio layar-ke-bodi 83% dan resolusinya 1080 x 2460 pixels, dengan kerapatan 403 ppi.

4. Kamera AI 50MP Gambar Super Jernih

Tecno POVA 4 Pro memiliki kamera utama AI 50MP dengan gambar super jernih. Kamera tersebut ditemani satu lagi kamera di bagian belakang. 

Kamera belakang juga dilengkapi dengan fitur Dual LED flash. Selain itu, kamera utama tersebut dapat merekam video berkualitas 1440p@30fps dan 1080p@30fps.

Sedangkan, di depan terdapat selfie camera berupa kamera 8MP dengan fitur LED flash. Kamera depannya dapat merekam video berkualitas 1080p@30fps.

5. Baterai Mega 6000mAh Awet Berjam-jam

Tecno POVA 4 Pro menggunakan baterai Li-Po 6000mAh non-removable dengan daya charging 45W. Baterai ini diklaim dapat digunakan bermain game hingga 10 jam.

Sementara, 20% baterai yang tersisa dapat bertahan selama lebih dari 12 jam untuk panggilan telepon. Baterai 20% juga dapat dipakai bermain game (PUBG) selama hampir 3 jam. 20% baterai dapat juga digunakan untuk menonton YouTube selama hampir 4 jam.

6. Ada Fitur Hard Gyroscope untuk Gaming

Tecno POVA 4 Pro dibekali dengan fitur hard gyroscope (giroskop) untuk kesempurnaan bermain game. Fungsi giroskop adalah bekerja sebagai sensor dalam game fisik atau FPS (first person shooter). Contohnya, PUBG, balapan, dan sebagainya.

Kegunaan giroskop adalah untuk mengendalikan arah serta membidik dengan tepat. Fitur ini juga dilengkapi dengan Motor Linear Sumbu Z, untuk pengalaman interaktif langsung mengikuti waktu, stereo, reality, dan getaran. Pengalaman gaming semakin optimal.

Harga Tecno Pova 4 Pro

Tecno POVA 4 Pro tersedia di pasar Indonesia dengan harga berbeda sesuai dengan RAM dan memori internalnya. Berikut harga terbaru Tecno POVA 4 Pro:

  • Tecno POVA 4 Pro – 8GB/256GB – Rp2,9 jutaan
  • Tecno POVA 4 Pro – 8GB/256GB – Rp3,4 jutaan

Kelebihan Tecno Pova 4 Pro

Ada sejumlah kelebihan yang dimiliki Tecno POVA 4 Pro, di antaranya:

1. Baterai Besar 6000mAh dengan Pengisian Daya 45W

Tecno POVA 4 Pro dilengkapi dengan baterai 6000mAh yang besar kapasitas dayanya. Tidak hanya awet berjam-jam, daya pengisian baterai juga besar, yaitu 45W. Pengisian Daya Super 45W diklaim Tecno dapat mengisi daya 50% hanya dalam waktu sekitar 24 menit.

2. Ruang Penyimpanan Besar RAM 8+5GB dan ROM 256GB 

Tecno POVA 4 Pro dibekali dengan kapasitas memori internal hingga 256GB. Di sisi lain, juga tersedia RAM 8GB. Bahkan, RAM bisa ditambah maksimal sampai 5GB. Selain dapat memuat banyak apps, game, dan file, waktu mulai aplikasi juga meningkat hingga 61%.

3. Hard Gyroscope untuk Pengalaman Game Sempurna

Tecno POVA 4 Pro dilengkapi dengan teknologi hard gyroscope dan motor linear sumbu Z. Giroskop membantu mengendalikan arah dan membidik dengan akurat. Sementara, motor linear sumbu Z meningkatkan stereo hingga getaran 4D, untuk pengalaman interaktif game yang lebih superior.

4. Speaker Ganda dengan Pengurang Kebisingan AI

Adanya dual speaker meningkatkan pengalaman mendengarkan sepenuhnya. Terutama, saat bermain game, terasa seperti terbawa masuk ke dalamnya. Audionya menggunakan teknologi Digital Sound DTS dan hi-res audio, serta dilengkapi pengurang kebisingan.

5. Desain Sporty dan Dinamis dengan Warna Keren

Tecno POVA 4 Pro memang unggul dari segi gaming, termasuk desainnya yang dinamis dan sporty, dengan sentuhan unsur meteorit. Pilihan warna oranye, biru, dan abu-abu, menjadikan ponsel ini terlihat gahar, bahkan hanya dari desainnya saja.

Kekurangan Tecno Pova 4 Pro

Ada juga kekurangan dari Tecno POVA 4 Pro, di antaranya:

1. Jumlah Kamera pada Ponsel Tergolong Masih Minim

Kamera Tecno POVA 4 Pro belum bisa dibanggakan. Di belakang, ada kamera utama 50MP saja. Sementara, untuk ponsel sekelasnya, pada umumnya memiliki triple camera dengan kualitas lebih tinggi. Seperti Infinix Zero 20 dengan kamera belakang 108 MP, 13MP, dan 2MP.

2. Tidak Tersedia Slot Kartu Memori Eksternal

Benar bahwa Tecno POVA 4 Pro dibekali dengan memori internal besar, 256GB. Namun, ada kalanya pengguna ingin menambahkan memori eksternal untuk menyimpan lebih banyak aplikasi dan file. Akan tetapi, Tecno POVA 4 Pro tidak memiliki slot kartu memori eksternal.

3. Dimensi Bodi Terbilang Masih Tebal

Tidak ada yang lebih nyaman daripada smartphone yang slim dan ringan. Namun, jika dibandingkan dengan Infinix Zero 20, bodi Tecno POVA 4 Pro masih lebih tebal. Infinix Zero 20 memiliki ketebalan 7.7mm saja, sementara Tecno POVA 4 Pro tebalnya 9.2mm.

4. Kualitas Kamera Depan Masih Rendah

Selain jumlah kameranya minim, kualitas kamera depannya juga masih rendah. Tecno POVA 4 Pro memiliki kamera depan dengan kualitas 9MP saja. Sementera, ponsel sekelasnya, seperti Infinix Zero 20, sudah dilengkapi kamera depan 60MP.

5. Layarnya Belum Dilindungi Kaca Proteksi

Tecno POVA 4 Pro menggunakan layar kaca biasa, bukan Corning Gorilla Glass ataupun kaca proteksi lainnya. Jadi, ponsel ini terbilang belum optimal untuk perlindungan terutama di bagian layarnya. 

Jika dilihat dari spesifikasinya, Tecno POVA 4 Pro paling cocok untuk gaming. Ponsel ini dibekali fitur-fitur yang dapat mengoptimalkan pengalaman interaktif saat bermain game.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar