Samsung Galaxy M23 5G: Spesifikasi, Harga, Kelebihan dan Kekurangan

Berita7 — Tak mau kalah dari sekian banyak brand asal China, brand asal Korea Selatan yaitu Samsung juga melahirkan beberapa ponsel 5G dengan harga terjangkau. Salah satu yang terbaru yang dirilis tahun lalu adalah Samsung Galaxy M23 5G. Untuk harga yang dipatok, Galaxy M23 5G tidak hanya menawarkan konektivitas 5G yang super cepat, tapi juga spesifikasi yang tidak main-main, baik pada sektor dapur pacu maupun layar.

Disamping itu, desain ponsel ini juga dirancang seminimalis mungkin namun di sisi lain, tidak meninggalkan ciri khas elegan khas Samsung. Bagi yang tertarik dengan Samsung Galaxy M23 5G, berikut ulasan mengenai spesifikasi, harga, kelebihan dan kekurangannya.

Spesifikasi Samsung Galaxy M23 5G

1. Chipset

Guna bisa mendukung konektivitas 5G, Samsung Galaxy M23 5G ditenagai oleh chipset buatan Qualcomm yaitu Snapdragon 750G 5G. Chipset dengan fabrikasi 8nm itu memiliki CPU octa-core (2×2.2 GHz Kryo 570 & 6×1.8 GHz Kryo 570) dan GPU Adreno 619. Selain handal untuk multitasking, chipset rilisan 2020 itu juga mumpuni untuk bermain game seperti PUBG Mobile, Shadowgun Legends dan Mobile Legends: Bang Bang.

2. Memori

Bersama chipset, Samsung Galaxy M23 5G juga dibekali dengan RAM dan penyimpanan internal. Untuk RAM, terdapat dua opsi yaitu 4GB dan 6GB. Jika masih kurang, pengguna bisa menambah RAM lewat fitur RAM Plus dengan meminjam penyimpanan internal hingga 6GB. Sementara untuk penyimpanan internal, hanya ada satu pilihan yaitu 128GB namun bisa ekspansi dengan kartu microSD hingga 1TB.

3. Baterai

Selanjutnya adalah baterai, bagian sentral lain dari sebuah ponsel. Samsung Galaxy M23 5G membawa baterai berkapasitas 5,000mAh yang awet untuk seharian penuh, dengan catatan digunakan untuk aktivitas standar dan tidak berat. Selain kapasitas yang terbilang jumbo, baterai Galaxy M23 5G juga telah dilengkapi dengan fitur fast-charging 25W yang sudah lebih dari cukup untuk mengisi daya dengan cepat.

4. Desain

Seperti halnya ponsel mid-range dari Samsung lainnya, Samsung Galaxy M23 5G juga menghadirkan desain yang sederhana. Bersama dengan tampilan minimalis yang dikombinasikan bersama desain elegan, Galaxy M23 5G juga mengusung desain modul kamera yang simpel namun tetap terasa kekinian. Galaxy M23 5G sendiri tersedia dalam tiga varian warna menarik yaitu Light Blue, Deep Green dan Orange Copper.

5. Layar

Layar bisa dibilang merupakan bagian paling menarik dari Samsung Galaxy M23 5G. Tidak hanya karena ukurannya yang ideal di angka 6,6 inci dan resolusinya yang tajam yaitu FHD+, layar Galaxy M23 5G juga telah mendukung refresh rate tinggi di angka 120Hz. Dengan refresh rate setinggi itu, Galaxy M23 5G jadi bisa memberikan pengalaman scrolling yang lebih imersif dan animasi yang lebih mulus ketika bermain game.

6. Kamera

Tidak ingin terlalu gimmick dengan membawa banyak kamera, Samsung Galaxy M23 5G hanya mengemas tiga kamera belakang saja. Masing-masing adalah kamera utama 50MP yang telah bisa merekam video 4K di 30fps, ultrawide 8MP dengan sudut pandang 123 derajat dan macro untuk mengambil foto objek berukuran kecil dengan lebih jelas. Untuk kamera depan, hanya ada satu dengan resolusi 8MP.

Harga Samsung Galaxy M23 5G

Sebagai ponsel dengan target pasar anak muda, tak mengherankan jika Samsung Galaxy M23 5G dibanderol di harga yang tidak begitu tinggi. Untuk bisa menikmati semua yang ditawarkan Galaxy M23 5G, pengguna hanya perlu merogoh kocek sekitar Rp3,2 jutaan. Harga tersebut relatif rendah terlebih dengan fakta bahwa ponsel ini telah mendukung konektivitas 5G. Jika tertarik, Galaxy M23 5G sudah tersedia untuk dibeli di toko online maupun offline.

5 Kelebihan Samsung Galaxy M23 5G

1. Layar telah dibekali dengan refresh rate tinggi

Salah satu kekuatan terbesar dari Samsung Galaxy M23 5G tidak hanya ada pada spesifikasi mesinnya, tapi juga kapabilitas atau kemampuan dari layarnya. Dengan ukuran 6,6 inci yang notabene ideal serta resolusi FHD+ yang memanjakan mata, layar Galaxy M23 5G telah mendukung refresh rate 120Hz. Dengan kata lain, layar ponsel ini bisa memproses frame-rate hingga 120fps sehingga animasi yang muncul di layar jadi bisa terasa lebih mulus.

2. Bawa desain minimalis namun elegan

Bagi mereka yang tidak suka dengan ponsel yang terlalu mencolok, Samsung Galaxy M23 5G jadi ponsel yang tepat untuk dipinang. Bukan tanpa alasan, ponsel ini membawa desain minimalis namun elegan, yang tampak kalem dan tidak mencolok di keramaian. Modul kameranya juga dibuat sesederhana mungkin, dengan warna yang menyatu dengan bodi belakang dan susunan vertikal.

3. Baterai tahan lama

Baterai yang cepat habis tidak akan jadi masalah di Samsung Galaxy M23 5G karena ponsel ini telah dibekali dengan baterai 5,000mAh yang tahan lama. Pengguna tidak perlu takut akan kehabisan daya dengan cepat ketika melakukan aktivitas seperti streaming film, bermain game ataupun scrolling media sosial. Selain itu, baterai ponsel ini juga telah didukung dengan fitur fast-charging 25W.

4. Mendukung konektivitas 5G

Dengan embel-embel 5G di belakang namanya, jelas jika Samsung Galaxy M23 5G telah mendukung konektivitas 5G. Meski konektivitas baru itu masih belum merata di Indonesia, adanya dukungan 5G membuat Galaxy M23 5G sangat siap ketika nantinya 5G sudah tersebar di seluruh Indonesia. Dengan dukungan 5G pula, Galaxy M23 5G jadi bisa menghadirkan pengalaman gaming dan streaming yang sangat lancar.

5. Memiliki NFC

NFC atau Near Field Communication merupakan salah satu fitur yang kerap dibawa oleh ponsel mid-range dan flagship. Kabar baiknya, Samsung Galaxy M23 5G termasuk kedalam ponsel yang telah memiliki fitur tersebut. Sederhananya, NFC dapat memudahkan pengguna untuk beberapa hal termasuk ketika melakukan pembayaran cashless, terhubung ke Wi-Fi dan mengirim file atau dokumen ke perangkat lain.

5 Kekurangan Samsung Galaxy M23 5G

1. Layar masih berpanel TFT

Meski layarnya sudah istimewa untuk menonton film maupun bermain game karena telah beresolusi FHD+ dan mendukung refresh rate 120Hz, cukup mengecewakan ketika mengetahui panel yang digunakan oleh layar Samsung Galaxy M23 5G. Alih-alih IPS atau AMOLED yang memanjakan mata, layar Galaxy M23 5G masih berpanel TFT yang dikenal punya sudut pandang dan akurasi warna yang tidak begitu baik.

2. Fitur fast-charging tidak begitu cepat

Dari spesifikasi pada bagian baterai yang ditawarkan, tampak jelas jika fokus Samsung adalah pada kapasitas baterai alih-alih fitur fast-charging. Sebab, Samsung Galaxy M23 5G yang memiliki baterai jumbo berkapasitas 5,000mAh hanya didukung oleh fitur fast-charging 25W saja. Meski tidak bisa dibilang kecil, fast-charging 25W masuk dalam kategori rendah jika dibandingkan dengan ponsel lain untuk harga yang setara.

3. Speaker belum stereo

Selanjutnya adalah kekurangan yang hampir selalu ada di ponsel mid-range harga 3 jutaan yaitu speaker. Alih-alih mengusung speaker ganda atau stereo, Samsung Galaxy M23 5G justru masih mengadopsi speaker berjumlah satu alias mono. Dengan begitu, Galaxy M23 5G jadi kurang maksimal ketika digunakan untuk mendengarkan lagu secara langsung melalui speaker karena kualitas audio yang tidak merata.

4. Belum miliki rating IP

Untuk durabilitas yang lebih baik, umumnya beberapa ponsel telah memiliki rating IP untuk ketahanan terhadap air atau debu. Tidak harus IP67 atau IP68, IPX4 yang tahan cipratan air sejatinya sudah cukup dan saat ini, telah banyak dimiliki oleh ponsel dengan harga 2-3 jutaan. Sayangnya, Samsung Galaxy M23 5G tidak termasuk kedalam ponsel yang memiliki rating IP, termasuk IPX4 sekalipun.

5. Tidak ada kepala charger dalam paket pembelian

Selain fitur fast-charging yang kurang begitu cepat untuk standar industri ponsel saat ini, Samsung Galaxy M23 5G juga mengejutkan karena tidak menyertakan kepala charger di dalam paket pembelian. Padahal, absennya kepala charger semacam itu umumnya hanya dilakukan oleh ponsel kelas flagship. Dengan tidak adanya kepala charger, pengguna mau tidak mau jadi harus mengeluarkan uang ekstra untuk membeli kepala charger secara terpisah.

Dari ulasan diatas, dapat disimpulkan jika Samsung Galaxy M23 5G merupakan salah satu ponsel mid-range 5G terbaik dari Samsung. Dengan harga yang relatif ramah kantong, Galaxy M23 5G sempurna untuk mereka yang tengah bersiap-siap menyambut konektivitas 5G. Kendati demikian, Galaxy M23 5G tetap memiliki kekurangan terutama yang paling krusial ada pada bagian layar yang masih berpanel TFT dan tidak adanya kepala charger di dalam paket pembelian.

Baca artikel dan berita tebaru lainnya dari Berita7 di Google News.

Tinggalkan komentar