Tamil Sangam Gelar Perayaan Pongal Bentuk Rasa Syukur ke Alam Semesta

by -
Tamil Sangam Gelar Perayaan Pongal Bentuk Rasa Syukur ke Alam Semesta
Ratusan warga Tamil Batam yang tergabung dalam Batam Tamil Sangam gelar perayaan pongal di pantai Palm Spring Nongsa, Sabtu (25/1) (Foto: B7/86)

berita7.co.id, BATAM – Sebanyak 250 warga Tamil yang tinggal di Batam dan tergabung dalam perkumpulan Batam Tamil Sangam menggelar perayaan Pongal, Sabtu (25/1). Tradisi perayaan warga India atas rasa syukur terhadap alam semesta tersebut digelar di Pantai Palm Spring Nongsa.

Perayaan Pongal sendiri merupakan wujud rasa syukur setelah musim panen bagi warga India Tamil yang menandakan dimulainya musim menuai hasil tanam, dan disambut pada permulaan bulan Thai, mengikuti kalender Tamil. Perayaan Pongal dirayakan setiap pertengahan bulan Januari selama empat hari berturut-turut. Sedangkan untuk di Batam dirayakan selama sehari.

Menurut ketua panitia Batam Tamil Sangam pada Perayaan Pongal, Kartig, perayaan Pongal yang digelar ini merupakan rasa syukur atau bentuk syukuran kepada alam semesta dan tuhan yang telah memberikan limpahan kecukupan akan air, makanan, hasil bumi, tempat tinggal yang layak serta keluarga yang bahagia.

Selain itu perayaan Pongal sendiri juga bertujuan mempererat hubungan kekeluargaan di antara sesama anggota keluarga atau warga Tamil.

“Kami ingin warga Tamil yang tinggal di Batam ini ikut memberikan sumbangsih hal yang positif kepada masyarakat Batam. Salah satu wujudnya adalah dengan melakukan kegiatan sosial,” terangnya.

Pada perayaan Pongal yang digelar kali ini menampilkan berbagai kegiatan seperti persiapan Pongal, gelar doa bersama, sesi foto, permaian anak-anak, permainan orang dewasa seperti seperti kabadi atau memecah kendi yang digantungkan ke tali.

Ada yang berbeda kali ini di Perayaan Pongal yang sudah digelar tiga kali ini di Batam. Pada perayaan Pongal kemarin, panitia sengaja mengundang langsung Tamil Language and Cultural Society dari Singapura, Harikrishnan Mutnusamy.

Tak itu saja. Perayaan Pongal yang ketiga kalinya di Batam ini juga mendatangkan beberapa tamu undangan warga Tamil dari Malaysia yang ikut bersama merayakan Pongal.

Untuk di Batam sendiri, warga Tamil, lanjutnya, rutin sebulan sekali selalu menggelar kegiatan sosial berupa pemberian bantuan ke beberapa panti asuhan serta kegiatan sosial lainnya, serta sering menggelar kerja bakti seperti membersihkan area fasilitas umum atau tempat wisata seperti pantai dan ikut memberikan bantuan ke korban bencana alam di Indonesia. (B7/86)