Sempat Kejar-kejaran, Speedboat Pembawa Sabu 47 Kg Akhirnya Ditangkap Tim F1QR Lanal Batam

by -
Sempat Kejar-kejaran, Speedboat Pembawa Sabu 47 Kg Akhirnya Ditangkap Tim F1QR Lanal Batam
Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Arsyad Abdullah saat gelar expose tangkapan sabu sebanyak 47 Kg di Markas Komando Lanal Batam (Foto: Ilham)
berita7.co.id, BATAM – Lagi-lagi Tim F1QR Lanal Batam Berhasil menggagalkan penyelundupan Narkoba jenis Sabu yang dibawa dari Malaysia menuju ke Batam menggunakan Speedboat tanpa nama, di perairan Tanjung Pinggir, Sekupang, Batam.

Komandan Pangkalan Utama TNI Angkatan Laut (Danlantamal) IV Tanjungpinang, Laksamana Pertama Arsyad Abdullah menjelaskan, dari hasil tangkapan tersebut petugas berhasil menemukan barang berupa sabu yang dibungkus dalam kemasan teh bertuliskan China.

“Kami menemukan 47 bungkus teh yang berisi sabu, setiap bungkusnya beratnya 1 Kg, jadi dipastikan total beratnya 47 Kg,” ujar Jenderal Bintang Satu itu di Markas Komando Lanal Batam, Kamis (3/10/2019) sore sekira pukul 17:00 WIB.

Lanjutnya, keberhasilan dari penangkapan tersebut berkat informasi masyarakat dilapangan. Berdasarkan informasi tersebut, tim F1QR Lanal Batam langsung melakukan pengintaian selama dua minggu lalu.

“Informasi yang diterima masih abu-abu, namun pengawasan ketat tetap kami lakukan, hingga seminggu belakangan target yang diicar muncul,” Jelasnya.

Lanjut Arsyad, tepat pada Rabu (2/10/2019) sekira pukul 6.45 WIB, tim F1QR Lanal kembali mendapatkan informasi, bahwa ada speed boat yang dicurigai akan melintas di perairan Nongsa, bergerak cepat Komandan Lanal Batam Kolonel Laut Alan Dahlan, langsung memerintahkan anggotanya untuk segera melaksanakan penghadangan diperairan Pulau Putri Nongsa.

Sempat terjadi kejar-kejaran dengan petugas, namun speedboat bermesin 75 PK akhirnya berhasil ditangkap di perairan Tanjungpinggir Sekupang dengan keadaan tanpa awak.

“Komplotan penyelundup sabu ini berhasil melarikan diri. Dan petugas kesulitan mengejar pelaku karena para pelaku keburu lari ke dalam hutan bakau di Tanjungpinggir,” ujar Arsyad.

Kata Arsyad lagi, usai melakukan penangkapan tersebut, pihaknya langsung melakukan koordinasi dengan BNNP Kepri, guna penyelelidikan lebih lanjut.

“Hari ini barang bukti kami serahkan kepada BNN untuk diamankan, dan hingga saat ini, kami masih terus berupaya untuk mencari para pelaku yg melarikan diri,” tutupnya. (ilham)