Seluruh Jamaah Haji Bebas Covid-19

by -
Seluruh Jamaah Haji Bebas Covid-19
Jemaah haji yang sedang melangsungkan lontar jumrah dengan menerapkan jaga jarak aman untuk menghindari penularan COVID-19 di Mina, Arab Saudi, Jumat (31/7/2020). (Foto: Saudi Ministry of Media via AP)

MUZADALIFAH – berita7.co.id. Asisten Menteri Kesehatan dan juru bicara resmi Kementerian Kesehatan Arab Saudi, Dr Muhammad Al-Abdali, menyatakan bahwa seluruh jamaah haji yang berada di Arab Saudi tidak ada yang terinfeksi virus corona (Covid-19), dan mereka juga bebas dari penyakit lainnya.

Dikutip dari Saudi Press Agency, data kondisi kesehatan para jamaah haji yang dipaparkan tersebut merupakan data hingga Kamis (30/7) malam, waktu setempat ketika konferensi pers digelar dengan melibatkan juru bicara keamanan untuk Kementerian Dalam Negeri Letnan Kolonel Talal Al-Shalhoub dan Wakil Sekretaris Kementerian Haji dan Umrah untuk Urusan Haji Dr Hussein Al-Sharif.

Dikatakan, Jumat (31/7), para jamaah sudah mengambil bagian dalam ritual melontar jumrah atau merajam setan secara simbolis dan tetap menjaga jarak sosial sesuai dengan protokol kesehatan.

Di tengah masa pandemi Covid-19, pelaksanaan melontar jumrah juga turut diawasi ketat oleh para medis. Dilokasi lontar jumrah tersebut ditandai dengan spidol kuning untuk mengatur jarak para jamaah dalam situasi Social Distancing (jaga jarak).

Meskipun tidak ada angka resmi yang diberikan oleh pemerintah Arab Saudi, media lokal telah melaporkan ada sekitar 10.000 jamaah yang menjalankan ibadah haji tahun ini. Sementara, Kementerian Haji dan Umrah setempat pada Juni lalu mengatakan jumlah jamaah haji dibatasi sekitar 1.000 orang. (Ruv)