Rusuh, Pendemo Bakar Universitas dan Menjarah Gereja di Chile

by -
Rusuh, Pendemo Bakar Universitas dan Menjarah Gereja di Chile
Jutaan warga Chile turun ke jalan menuntut agar supaya Presiden Sebastian Pinera Mundur (Foto: AFP/Rodrigo Arangua)

berita7.co.id, CHILE – Para demonstran membakar sebuah Universitas Pedro da Valdivia dan menjarah gereja Katholik Roma di Chile pada Jumat (8/11/2019).

Insiden tersebut bermula saat massa bentrok dengan aparat keamanan di depan universitas Pedro Valdivia. Massa yang mengamuk menembus barikade penjagaan kepolisian Chile lalu membakar bangunan universitas berusia 100 tahun.

Sejumlah demonstran menyeret bangku-bangku gereja, patung Yesus dan ikonografi relijius lainnya dari Gereja La Asuncion dan kemudian membakar barang-barang itu.

Abu menyebar ke alun-alun Plaza Italia di mana ribuan orang berteriak-teriak sambil memegang spanduk, sementara lainnya menyalakan lampu di telepon seluler dan mengibarkan bendera nasional Chile.

Asap juga mengepul dari markas besar di dekat Universitas, meskipun belum diketahui apakah api dinyalakan oleh para pelajar atau mahasiswa di sekitarnya atau tidak. Polisi mengatakan masih menyelidiki penyebab kebakaran tersebut.

Unjuk rasa di Chile telah berlangsung lebih dari tiga pekan. Demo awalnya dipicu kenaikan harga kereta bawah tanah. Saat ini tuntutan demo meluas. Massa naik pitam karena tingginya biaya pendidikan, jaminan kesehatan, dan jaminan sosial ekonomi.

Perwakilan pengunjuk rasa menyatakan, demo baru akan berhenti jika Presiden Chile Sebastian Pinera mengundurkan diri.

Sumber : VOA & Kumparan
Editor : Nauffal