RESMI : Ustad Abdul Somad Diberhentikan Dengan Hormat Dari UIN Suska Riau

by -
RESMI : Ustad Abdul Somad Diberhentikan Dengan Hormat Dari UIN Suska Riau
Ustad Abdul Somad (UAS) diberhentikan dengan hormat dari UIN Suska Riau. (Foto: Humas Pemko Batam/dok.UIN Suska Riau/berita7)

berita7.co.id PEKANBARU – Ustadz Abdul Somad (UAS) resmi diberhentikan dengan hormat sebagai rektor pegawai negara sipil (PNS) Fakultas Ushaluddin UIN Sultan Syarif Kasim (Suska) Riau.

Dalam hal ini, pihak Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau telah menerima surat balasan dari Kementerian Agama (Kemenag). Putusannya, Kemenag mengabulkan permohonan ustadz bernama Abdul Somad Batubara. Dimana dalam permohonan tersebut UAS mengajukan penguduran diri mengajar di UIN Suska Riau.

Rektor UIN Suska Riau, Prof Akhmad Mujahidin mengatakan, berdasar surat dari Kemenag, bahwa pada Pasal 87 Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 dan Pasal 238 Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Tenaga Kerja Pegawai Sipil Negeri (PNS).

“Bahwa bagi Pegawai Sipil Negeri yang mengajukan permintaan berhenti maka diberhentikan dengan hormat sebagai PNS,” kata Rektor UIN Suska Riau dikutip dari Okezone, Selasa (19/11/2019).

Mujahidin mengatakan institusinya telah melakukan pemanggilan kepada Somad sebanyak 3 kali untuk klarifikasi pengunduran dirinya. Panggilan pertama pada 16 Oktober 2019, panggilan kedua pada 23 Oktober 2019 dan panggilan ketiga 31 Oktober 2019.

Tiga kali panggilan itu, Somad berhalangan hadir. Mujahidin kemudian meminta pertimbangan ke Kementerian Agama. Kementerian Agama kemudian pada 8 November 2019, melalui Sekjen Kementerian Agama Mohamad Nur Kholis Setiawan menerbitkan surat tindak lanjut pemberhentian Somad.

“Jadi karena atas kehendaknya sendiri mengundurkan diri, maka kami (UIN Suska) memutuskan memberhentikan Ustaz Abdul Somad secara terhormat dan telah melalui berbagai mekanisme sesuai aturan,” tutup Mujahidin.

Dai sejuta viewer ini merupakan dosen berstatus PNS. Dia mengajar Ilmu tafsir Qur’an dan Hadist Fakultas Ushuluddin. Informasi yang berkembang mundurnya UAS karena mendapat banyak tekanan pasca-pertemuan dengan Prabowo Subianto saat Pilpres lalu.

Sumber: Okezone
Editor: Nauffal