Ratusan Peserta dari Komunitas dan Paguyuban Daerah Ramaikan Batam Night Carnival 2019

by -
Ratusan Peserta dari Komunitas dan Paguyuban Daerah Ramaikan Batam Night Carnival 2019
Batam Night Carnival 2019. (Foto: Humas Pemko Batam)

bertia7.co.id BATAM – Batam Night Carnival dan Pawai Budaya sempena Hari Jadi Batam ke-190 di Dataran Engku Hamidah, Sabtu (14/12) berlangsung meriah. Meskipun hujan yang guyur Batam sejak pagi tak kunjung reda, peserta pawai tetap semangat berjalan dalam barisan.

“Malam ini masyarakat Batam tumpah ruah. Meskipun hujan cukup panjang, tidak menyurutkan semangat untuk berpartisipasi. Ini menunjukkan kecintaan kita kepada Kota Batam,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Karnaval di malam hari ini menampilkan 22 busana kreasi Batik Batam. Kain-kain batik bermotif ciri khas Batam diolah sedemikian rupa sehingga menjadi busana berdesain menarik.

“Seluruh motif ada tapi dominannya memang motif ikan marlin,” ujarnya.

Sementara itu pawai budaya diikuti sekitar seribu peserta. Seluruh komunitas dan paguyuban ikut ambil bagian dalam kegiatan ini.

Paguyuban yang berpartisipasi antara lain dari keluarga Karimun, Lingga, Sumatra Barat, Betawi, Bawean, hingga Indonesia Timur. Tiap paguyuban menampilkan ciri khas masing-masing. Seperti keluarga Betawi yang membawa ondel-ondel dan miniatur Monas. Ada juga penampilan barongsai, pencak silat, dan sebagainya.

“Masing-masing dikoordinasi oleh Organisasi Perangkat Daerah (OPD),” tutur Amsakar.

Kemeriahan pawai budaya ini, menurutnya, cermin adanya kebersamaan dan persatuan. Kebersamaan dan rasa cinta terhadap kota ini perlu dalam mendukung pembangunan Batam.

“Membangun Batam, kalau semua komunitas bersatu, insya Allah apa yang kita cita-citakan menjadikan Batam kota maju bisa terwujud,” tutupnya.

Sumber: Humas Pemko Batam
Editor: Nauffal