Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO Diluncurkan 

by -
Prosesor AMD Ryzen Threadripper PRO Diluncurkan 
Prosesor AMD Threadripper PRO (Foto: doc AMD)

BATAM – berita7.co.id. AMD, perusahaan yang mengembangkan prosesor komputer akhirnya merilis jajaran prosesor terbarunya dari seri Ryzen Threadripper PRO. Yang teranyar punya 64 core.

AMD adalah perusahaan semikonduktor multinasional Amerika Serikat yang berbasis di Sunnyvale, California. Merupakan terbesar kedua pemasok global mikroprosesor berdasarkan arsitektur x86 setelah Intel Corporation, dan ketiga terbesar pemasok unit pengolahan grafis. AMD juga memiliki 21 persen dari Spansion, pemasok non-volatile memori flash. Pada tahun 2007, AMD peringkat kesebelas antara produsen semikonduktor dari segi pendapatan.

AMD mengklaim prosesor ini memiliki  kemampuan komputasi spektrum penuh dengan jumlah core yang tak tertandingi, lengkap dengan kinerja single core berperforma tinggi. Menurut AMD, Threadripper Pro ini cocok dipakai untuk para artis, arsitek, insinyur, dan ilmuwan data.

Prosesor ini menawarkan performa multithreaded hingga 27 persen, melampaui kompetisi workstation dual prosesor level atas. Selain itu juga prosesor AMD Ryzen Threadripper Pro memiliki daya render dan edit 8K, mendorong visualisasi yang kompleks, sehingga para pengguna professional mampu mengaplikasikan pekerjaan mereka lebih banyak.

Dikutip dari CNN Indonesia, General Manager, Workstation and Client AI Business Unit, Lenovo mengatakan, “Pelanggan kami membutuhkan solusi-solusi yang inovatif dan terkemuka di kelasnya untuk menjalankan aplikasi yang paling banyak tuntutan,” tegas Rob Herman.

Perangkat pertama yang menggunakan jajaran prosesor Threadripper PRO ini adalah Lenovo ThinkStation P620 yang menawarkan tingkat daya, performa, dan fleksibilitas yang belum pernah ada sebelumnya dalam satu chasis CPU tunggal. (wan)