PFI Jakarta Berharap Jefri Tarigan Menang Gugatan Lawan Tribunnews

by -
PFI Jakarta Berharap Jefri Tarigan Menang Gugatan Lawan Tribunnews
(Foto: Facebook PFI)

berita7.co.id, Nasional – Ketua Pewarta Foto Indonesia (PFI) Jakarta Grandyos Zafna berharap Jefri Tarigan bisa memenangkan kasus gugatan perdata penggunaan foto tanpa izin dengan PT Tribun Digital Online atau Tribunnews.com. Majelis Hakim Pengadilan Niaga pada Pengadilan Negeri Jakarta Pusat dijadwalkan mengeluarkan putusan atas gugatan tersebut pada Kamis mendatang, 17 Oktober 2019.

Jefri merupakan pewarta foto paruh waktu yang menggugat Tribunnews karena telah menggunakan foto-foto Arya Permana, seorang anak asal Karawang, Jawa Barat, yang mengalami obesitas. Foto-foto tersebut pertama kali didistribusikan oleh Kantor Berita Barcroft asal Inggris dengan Jefri sebagai pemilik hak cipta.

“Dampak putusan ini akan sangat besar, secara psikologis para pewarta maupun orang yang berkecimpung di dunia fotografi berani menggugat hingga ke pengadilan ketika karyanya diambil orang,” kata Grandy di Jakarta, Minggu (13/10/2019).

Menurut Grandy, untuk mendapatkan hasil karya foto, proses yang harus ditempuh seorang pewarta tidaklah singkat. Karenanya, PFI Jakarta sangat mendukung langkah hukum yang diambil Jefri dalam persoalan ini. “Untuk membawa kasus ke pengadilan, dibutuhkan keberanian dan kesiapan. Kami mendukung Bang Jefri yang sudah berani membawa masalah ini hingga ke Pengadilan dan menggugat ketika karyanya diambil orang. Kami ingin pewarta foto di seluruh Indonesia lebih peduli dengan hak cipta,” ujar Grandy.

Oleh karena tindakan yang dilakukan oleh Tergugat, Penggugat mendallilkan bahwa tindakan tersebut diduga melanggar Undang-Undang Nomor 28 Tahun 2014 tentang Hak Cipta, Pasal 9 ayat 3 yang berbunyi: “Setiap orang yang tanpa izin Pencipta atau Pemegang Hak Cipta dilarang melakukan Penggandaan dan/atau Penggunaan Secara Komersial Ciptaan.”

Dalam fakta persidangan, Tergugat tidak dapat membuktikan bahwa penggunaan karya fotografi sudah melalui prosedur izin kepada pemilik karya fotografi. Selain itu juga, Penggugat telah mengajukan beberapa alat bukti berupa artikel berita yang seluruhnya menggunakan karya fotografi milik Jefri (Penggugat). Keseluruhan karya fotografi milik Penggugat digunakan secara sepihak tanpa izin, meskipun Tergugat mengetahui dengan jelas teradapat nama pencipta pada karya fotografi tersebut.