Pesepeda Meningkat, Batam Minim Jalur Khusus Sepeda

by -
Pesepeda Meningkat, Batam Minim Jalur Khusus Sepeda
Ilustrasi

Batam  – berita7.co.id. Menjamurnya para pesepeda belakangan ini, terlebih selama pandemi Covid-19. Selain mampu menekan polusi udara, masyarakat juga giat meningkatkan imunitas tubuh melalui bersepeda.

Meski belum ada angka pasti, hingga saat ini, jumlah para pesepeda semakin meningkat. Ratusan bahkan mungkin ribuan. Hal ini bisa dilihat dari banyaknya komunitas sepeda yang melintas di kawasan Batam Center, sekitarnya.

Tentunya hal ini harus menjadi perhatian khusus bagi Pemerintah Kota Batam, mengingat jalur khusus sepeda di Batam, belum memadai bahkan yang ada pun, terkesan terbengkalai. 

Wibishono Pasha, Pengurus Bike To Work Indonesia Kordinator Wilayah Batam dan Kepri, mengatakan, secara umum, Kota Batam memang belum aman untuk pesepeda. Karena menurutnya, tidak punya jaminan khusus atau jalur untuk pesepeda. Dimana aktivitas pesepeda saat ini masih “mendompleng” di ruas jalan raya. Tentunya menimbulkan resiko bagi pesepeda dan pengguna jalan raya lainnya.

“Batam masih belum aman dan nyaman untuk pesepeda. Padahal tren bersepeda ini sangat bagus untuk kesehatan masyarakat dan tentunya mengurangi polusi udara,” kata Wibishono Pasha. 

Tak hanya itu, Ketua Fraksi PDI Perjuangan di DPRD Kota Batam, Putra Yustisi Respaty, juga menyoroti hal tersebut.  Dirinya mengaku salah satu penghobi sepeda, yang turut merasakan minimnya jalur khusus sepeda di Batam.

“Sesungguhnya, keberadaan jalur khusus pesepeda ini diperkuat dalam Undang-Undang Nomor 22 Tahun 2009 tentang Lalu Lintas dan Angkutan Jalan,” jelasnya.

Dimana pada pasal 25 G, tambahnya, setiap jalan yang digunakan untuk lalu lintas umum wajib dilengkapi dengan perlengkapan Jalan berupa fasilitas untuk sepeda, pejalan kaki, dan penyandang cacat.

Dan pasal 45b, fasilitas pendukung penyelenggaraan lalu lintas dan angkutan jalan meliputi lajur sepeda. Serta pasal 62, Pemerintah harus memberikan kemudahan berlalu lintas bagi pesepeda.

“Pesepeda berhak atas fasilitas pendukung keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran dalam berlalu lintas. Untuk itu, nantinya kita akan mendesak Pemerintah Kota Batam untuk bisa menyediakan fasilitas khusus ini,” tutupnya. (ruv)