Minggu Depan Kartu Prakerja Gelombang IV Dibuka

by -
Minggu Depan Kartu Prakerja Gelombang IV  Dibuka
Tampilan layar pada ponsel, prakerja.go.id (Foto: berita7.co.id/wan)

Batam – Berita7.co.id. Seperti yang diinformasikan sebelumnya, Kartu pra kerja gelombang IV akan dibuka pada Mei atau akhir Idul Fitri lalu. Program Kartu Prakerja gelombang IV akan dibuka kembali dalam minggu ketiga atau keempat dibulan Juli mendatang.

Dirangkum dari berbagai sumber, Ketua Tim Pelaksana Komite Cipta Kerja Rudy Salahudin mengatakan pendaftaran gelombang IV dibuka usai Manajemen Pelaksana (PMO) kartu prakerja mendapatkan hasil verifikasi pelaksanaan gelombang (batch) I hingga III yang sedang dilakukan oleh Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).

“Kami dalam minggu ketiga atau atau minggu keempat akan siap melakukan pembukaan batch IV kembali setelah mendapatkan hasil verifikasi terkait pelaksanaan batch I hingga III untuk pembayaran kepada lembaga pelatihan oleh BPKP,” ujarnya dalam paparan virtual, Senin (13/7).

Gelombang IV ini sempat beberapakali tertunda akibat adanya evaluasi dari pihak komite dan dewan pengawas Kartu Parakerja dalam pelaksanaan program secara menyeluruh.

Dibukanya kembali gelombang IV pemerintah memprioritaskan bagi calon peserta yang terkena dampak pandemi (Covid-19).

Kementerian Ketenagakerjaan (Kemenaker) , berdasarkan data outih atau whitelist yang telah dikumpulkan saat ini ada 1.7juta peserta yang terverifikasi datanya dan masuk dalam daftar prioritas.

Terkait itu, Direktur Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktifitas, Kemenaker Bambang Satrio Lelono menjelaskan, 1,7juta orang whitelist yang dimiliki Kemenaker dikumpulkan oleh Dinas Kemenaker Provinsi. “Ini akan menjadi prioritas peserta Prakerja. Karena kita sudah bekerja sama dengan dinas-dinas Provinsi mendorong masyarakat yang terdampak untuk mengikuti program Prakerja.” Jelas Bambang.

Adapun gelombang satu sampai tiga, ada 680.000 peserta yang tergabung dalam kartu prakerja, 143.000 diantaranya merupakan usul dari Kemenaker atau dalam hal ini BPJS Ketenagakerjaan. (wan)