Malam Ini Dilantik, Ini Nama-Nama Komisioner KPU Batam Yang Baru

by -
Malam Ini Dilantik, Ini Nama-Nama Komisioner KPU Batam Yang Baru
Ilustrasi Penjaringan Calon Komisioner KPU. (Foto: Ist/berita7)

berita7.co.id BATAM – Proses Pergantian Antar Waktu (PAW) Komisioner KPU Batam sudah selesai, setidaknya ada 5 nama calon anggota komisioner KPU Batam yang telah dinyatakan layak untuk mengemban tugas.

PAW Komisioner KPU Batam digelar berdasarkan putusan DKPP no. 181 tahun 2019 yang dibacakan pada tanggal 20 November 2019, yang menyatakan bahwa KPU Kota Batam diberi sanksi pemberhentian tetap kepada 5 komisionernya.

Menindak lanjuti putusan tersebut, pada 3 Desember 2019 KPU mengeluarkan surat yang menyatakan bahwa tugas KPU Batam untuk sementara diambil alih oleh KPU Provinsi Kepri.

“Kemudian pada tanggal 4 Desember kami mendapat surat dari KPU RI yang memerintahkan KPU Provinsi Kepri melakukan proses PAW dengan melakukan verifikasi kepada hasil Tim Seleksi KPU Kota Batam untuk no. urut 6 s/d 10,” Ujar Komisioner KPU Kepri Widyono Agung melalui pesan whatsapp, Jumat (6/12/2019).

Lanjutnya, pada t5 Desember KPU Kepri telah melakukan verifikasi kepada 5 nama calon Komisioner KPU yang terdiri dari Nofrizal, Herrigen Agusti, Martius, William Seipattiratu dan Jernih Millyati Siregar.

Adapun verifikasi dilakukan untuk memastikan kelimanya masih memenuhi persyararatan wajib menjadi anggota lembaga pelaksan pemililah umum, seperti masih berkewarganegaan Indonesia, setia pada Pancasila dan UUD, mempunyai integritas, masih berdomisili sesuai KTP-el di Kota Batam, tidak menjadi anggota Partai Politi, bersedia bekerja penuh waktu di KPU Kota Batam; bersedia keluar dari organisasi kemasyarakatan/sosial baik yang berbadan hukum maupun tidak berbadan hukum, bersedia tidak menjadi caleg/tim sukses/Tim kampanye/tim pemenangan peserta pemilu/pemilihan minimal 5 tahun terakhir, tidak pernah diberhentikan tetap atas dasar putusan DKPP.

“Dari hasil Verifikasi tersebut terdapat beberapa catatan bahwa Nofrizal pada Pemilu 2019 menjadi Caleg Partai Demokrat di Kabupaten Lima Puluh Kota Sumbar, Jernih pernah diberikan sanksi DKPP, ” Jelasnya.

Meskipun demikian, KPU Kepri tetap mengirimkan hasil verifikasi tersebut ke KPU RI pada tanggal 5 Desember 2019, yang nantinya akan dijadikan dasar untuk mengundang dan melantik KPU Kota Batam hasil PAW.

“Rencananya akan dilantik malam ini (Jumat), jam 19:00 pelaksanaan pelantikannya,dan digelar di Kantor KPU Pusat,” Tutupnya. (Agung Dedi Lazuardi)