Karena Karya Tulisnya, Ratna Sarumpaet Bebas Bersyarat

by -
Karena Karya Tulisnya, Ratna Sarumpaet Bebas Bersyarat
Didampingi putrinya Atiqa Hasiholan Ratna Sarumpaet usai persidangan. (Foto: Dery Ridwansah/JawaPos.com)

berita7.co.id JAKARTA – Ratna Sarumpaet resmi bebas dari Lapas Perempuan Kelas II-A Pondok Bambu setelah permohonan bebas bersyaratnya dikabulkan Kemenkum HAM. Pengacara Ratna, Desmihardi, mengatakan karya tulisan Ratna di dalam penjara menjadi salah satu pertimbangan Kemenkum HAM mengabulkan permohonan bebas bersyarat Ratna.

“Iya terhitung hari ini (bebas bersyarat),” kata pengacara Ratna, Desmihardi, dikutip dari Kumparan.com, Kamis (26/12/2019).

Desmihardi mengatakan salah satu pertimbangan permohonannya dikabulkan adalah Ratna berlaku baik selama di penjara. Selain itu, karya tulisan Ratna selama di penjara juga menjadi pertimbangan.

Namun Desmihardi tidak menjelaskan secara terperinci tulisan apa saja yang dibuat Ratna selama di penjara dan diserahkan ke Kemenkum HAM.

“(Pertimbangan) ya yang pasti berkelakuan baik. Terus ada karya kita yang selama kita di dalam (penjara) kita setorkan juga. Ibu Ratna menyampaikan karya itu tulisan dia,” jelasnya.

Pembebasan Ratna diberikan setelah permohonan pembebasan bersyarat (PB) Ratna diterima dan dikabulkan. Sebelum bebas, Ratna sempat mendapatkan remisi Idul Fitri dan 17 Agustus yang diberikan oleh Menkumham. Dengan itu, total 2 tahun hukuman penjara, Ratna sudah menjalani hukuman lebih kurang 15 bulan, terhitung sejak ditahan pada Oktober 2018.

“Iya Ibu Ratna bebas bersyarat dan dikabulkan,” tambah Desmihardi.
Dari foto yang diberikan Desmihardi, tampak Ratna Sarumpaet keluar dari penjara dengan mengenakan celana hitam, baju biru, sepatu kets hitam, dan menenteng tas.

Sumber: Kumparan.com
Editor: Nauffal