Istilah Dalam Medsos Yang Perlu Anda Ketahui, Versi berita7

by -
Istilah Dalam Medsos Yang Perlu Anda Ketahui, Versi berita7
Ilustrasi Media Sosial (Foto:Internet)

berita7.co.id – Perkembangan informasi digital saat ini, memudahkan kita terhubung dengan yang lain. Dunia dalam genggaman. Media sosial atau medsos, menjadi kebutuhan pokok yang tidak bisa lepas dari gadget. Hampir semua orang memiliki akun media sosial, seperti facebook, instagram, twitter, dan lain sebagainya. Media sosial merupakan sebuah media untuk bersosialisasi antara satu sama lain dan dilakukan secara online.

Nah, beragam istilah muncul di dunia medsos. Mungkin sebagian masih asing untuk dimengerti. Berikut istilah di medsos versi berita7 yang berhasil kami rangkum dari berbagai sumber.

  1. ENDORSE

Sebagai pengguna media sosial, tentunya kamu tidak asing dengan kata Endorse dan selebgram. Endorse dan selebgram berkaitan erat. Anda pasti sering melihat di medsos para artis dan Selebgram (Selebritis instagram) mempromosikan beragam produk dan jasa. Nah, mereka yang memiliki pengikut ataupun fans yang paling banyak di medsos pasti mendapatkan tawaran untuk mempromosikan produk dari pihak ketiga.

Kata Endorse berasal dari kata Endorsement yang artinya adalah sebuah tindakan memberikan dukungan (support) atau menyetujui terhadap sesuatu. Fenomena Endorse ini adalah salah satu bentuk kegiatan promosi yang dilakukan pihak online shop untuk menggaet konsumen baru.

Bahkan, pihak online shop akan menggiring konsumen dengan memberi caption “Artis aja banyak yang order, masa kamu belum order!” udah pasti tujuannya untuk membeli produknya. Endorse bisa dilakukan oleh artis atau selebgram melalui post foto, video, bahkan di instagram storynya.

Kegunaan Endorse yaitu bagi para pengusaha online, endorse tentu sangat membantu untuk mengenalkan produk – produk mereka. Sehingga diharapkan penjualan produk mereka akan terus meningkat setelah dilakukan endorse tersebut. Karena seorang artis atau selebgram memiliki pengaruh yang cukup besar terhadap followersnya.

Para artis atau selebgram yang diminta untuk meng-endorse barang pasti akan mendapatkan keuntungan. Biasanya, barang yang sudah diberikan untuk di endorse akan menjadi milik artis atau selebgram itu sendiri. Sistem kerjasama di endorse ini dilakukan dengan beberapa kesepakatan diantara pengusaha dan artis.

  1. BUZZER

Kata Buzzer kini menjadi perbincangan di kalangan warganet. Lantas, apa itu Buzzer?

Nah, kata Buzzer itu sendiri berasal dari bahasa Inggris yang berarti bel atau lonceng. Bel atau lonceng memiliki fungsi untuk memanggil, mengumpulkan, dan memberitahu orang-orang berkumpul guna melakukan sesuatu kegiatan atau hal lainnya.

Di Indonesia, kata Buzzer mulai banyak dikenal masyarakat. Istilah Buzzer sebenarnya sudah lama dikenal terutama di media sosial. Buzzer dimanfaatkan sebagai alat komunikasi pemasaran, baik itu untuk sebuah produk, jasa, maupun untuk hal berbau politik.

Seorang Buzzer profesional biasanya bekerja secara terorganisir. Merancang isu-isu tertentu yang akan dipublikasikan melalui media sosial. Mereka juga mengatur akun-akun media sosial mana saja yang menjadi pembawa pesan tersebut supaya di viralkan. Jika topik isu yang diangkat atau disebarkan menjadi trending dan viral maka Buzzer tersebut dianggap berhasil.

  1. SPAM/Spamming

Spam (Spamming) istilah yang sudah lama didunia maya. Penyalahgunaan sistem pesan elektronik untuk mengirim berita iklan dan keperluan lainnya secara massal itulah yang dimaksud dengan Spam. Pada umumnya, spam menampilkan berita atau informasi secara bertubi-tubi tanpa diminta dan sering kali tidak dikehendaki oleh penerimanya. Sehingga menimbulkan ketidaknyamanan bagi pengguna website. Orang yang menciptakan spam disebut Spammers.

  1. GIVE AWAY (GA)

Akhir-akhir ini tren, “giveaway” yang dilakukan para pesohor memang biasanya “menggelitik” masyarakat untuk mendapatkan hadiahnya. Giveaway itu sendiri adalah istilah bagi-bagi hadiah secara gratis di media sosial namun tetap ada syarat-syarat tertentu.

Meski hadiahnya hanya beberapa buah, entah mengapa peserta yang mengikuti giveaway “membludak” untuk bisa mendapatkan giveaway yang dilakukan oleh penggiat media sosial yang sudah memiliki banyak follower atau pun sudah terkenal.

Produk-produk untuk giveaway itu sendiri beragam sehingga banyak menarik para pengikutnya.

  1. INFLUENCER

Influencer adalah seseorang yang bisa memberikan pengaruh besar di masyarakat. Influencer itu sendiri bisa dari kalangan selebritis, blogger, youtuber, ataupun seorang public figure yang dianggap penting di komunitas tertentu.

Pengaruh adalah kekuatan seorang influencer. Mereka bisa menjadi trend setter baik di skala kecil maupun besar. Nah, maka dari itu banyak pemilik bisnis yang menggandeng influencer untuk mempromosikan produk mereka berkat pengaruh yang luar biasa dari cara kerja influencer itu sendiri. Apa lagi yang memiliki followers banyak bahkan pengikutnya ada yang sampai fanatik.

  1. BANNED

Banned diambil dari bahasa Inggris yang artinya dilarang, mencegah, melarang. Suatu aturan yang sudah disepakati dalam media sosial atau pun platform tertentu baik itu di YouTube, Game Online, Facebook, Instagram dan sejenisnya apabila dilanggar dan sudah diberikan sanksi tetapi tetap juga dilanggar maka akun tersebut bisa langsung di tutup atau dilarang aktif (Banned).

Bahkan bisa saja akun tersebut dilaporkan oleh orang lain karena menyebarkan HOAX, dan foto/video yang tidak layak di publik media sosial. (Ruv)