Indonesia Siapkan Tiga Satelit Internet

by -
Indonesia Siapkan Tiga Satelit Internet
Ilustrasi

berita7.co.id, JAKARTA – Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan informatika (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) akan segera meluncurkan tiga satelit internet untuk melayani seluruh Indonesia. 

Satelit pertama yang akan diluncurkan bernama Satria (Satelit Republik Indonesia) yang berjenis Very High Throughput Satellite (VHTS), dan akhir tahun ini akan dilakukan konstruksi.

Satelit pertama ini akan mengisi slot orbit 146 Bujur Timur (BT), dan diluncurkan pada kuartal kedua tahun 2022 memakai roket peluncur Falcon 9 kepunyaan SpaceX. Peluncuran akan dilakukan di Cape Canaveral, Florida, Amerika Serikat. 

Setelah meluncurkan satelit pertama, Bakti akan kembali meluncurkan satelit kedua dan ketiga setahun berikutnya.

Satelit pertama kapasitasnya 150 Gbps, sedangkan titik yang harus dilayani mencapai 214 ribu titik, seperti sekolahan, puskesmas, kantor kelurahan dan lainnya. Sedangkan untuk satelit kedua dan akan ketiga kali lipat kapasitasnya menjjadi 300 Gbps.

“Pemerintah berkeinginan setiap tahun meluncurkan satu satelit. Tinggal lihat cash flow aja,” kata Juhari, Direktur Keuangan BAKTI, saat dikutip berita7 dari detik.com.

Editor : Omi