Halmahera Diguncang Gempa, BMKG: Ini Gempa Tektonik dan Tidak Berpotensi Tsunami

by -
Halmahera Diguncang Gempa, BMKG: Ini Gempa Tektonik dan Tidak Berpotensi Tsunami
Ilustrasi Gempa: Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) di Halmahera Barat, Maluku Utara.

berita7.co.id, JAKARTA – Gempa kembali mengguncang wilayah Halmahera Barat, Maluku Utara, Jumat (15/11). BMKG mencatat gempa terjadi pada pukul 07.39 WIB.

BMKG memberi peringatan bahwa ada tiga daerah yang mendapatkan status waspada setelah peringatan ini dikeluarkan yaitu Halmahera, Bitung, dan Ternate. Selama status ini berlaku, warga diminta menjauh dari pesisir pantai. Kepala BMKG Dwikorita Karnawati menyebut gempa ini merupakan gempa tektonik.

“BMKG menyampaikan bahwa baru saja terjadi gempa bumi pada hari Kamis, 14 November 2019 pukul 23.17 WIB di wilayah Maluku Utara dan juga Sulawesi Utara, jadi di perbatasan. Gempa mengguncang merupakan gempa tektonik,” kata Dwikorita di Kantor BMKG dilansir dari kumparan.com, Jakarta, Jumat (15/11).

Sebelumnya, gempa 5,2 magnitudo menggetarkan Halmahera Barat pada pukul 05.15 WIB. Gempa ini berpusat di 128 Km sebelah barat laut Halmahera Barat dengan kedalaman 10 km.

Gempa susulan masih terus terjadi di beberapa wilayah di Maluku Utara pascagempa 7,1 magnitudo pada Kamis (14/11) malam. Pukul 08.17 WIB atau 10.17 WIT, getaran 5,9 magnitudo kembali dirasakan warga sekitar.

BMKG sempat membuat peringatan dini tsunami akibat gempa tersebut. Namun, pada Jumat (15/11) pukul 01.45 WIB, peringatan dini tersebut sudah resmi dicabut.

Sumber : Kumparan.com
Editor : Nauffal

No More Posts Available.

No more pages to load.