Fosiwaja Kepri Ajak Paguyuban Lainnya Untuk Aktif Dalam Kegiatan Seni dan Budaya

by -
Fosiwaja Kepri Ajak Paguyuban Lainnya Untuk Aktif Dalam Kegiatan Seni dan Budaya
Kepengurusan Fosiwaja Kepri periode 2018-2021. (Foto: Fosiwaja Kepri)

berita7.co.id BATAM – Banyak cara yang bisa dilakukan untuk melestarikan budaya daerah. Salah satunya aktif dalam kegiatan seperti pentas seni dan pergelaraan kesenian lainnya.

Hal inilah yang dilakukan Forum Silaturahmi Warga Jakarta (Fosiwaja) Kepulauan Riau. Baru-baru ini Fosiwaja baru saja mengikuti kegiatan Batam International Culture Carnival yang digelar pada hari Minggu (8/12/2019) yang lalu. Fosiwaja menampilkan kesenian yang tersohor di Nusantara yakni “Palang Pintu”.

Selain itu, Fosiwaja juga ikut memeriahkan Batam Night Carnival dan Pawai Budaya dalam rangka Hari Jadi Kota Batam ke-190 beberapa minggu yang lalu.

Muhammad Nuh yang baru saja ditetapkan menjadi Ketua Umum Fosiwaja Kepri mengatakan, dengan adanya wadah (paguyuban/ormas) kita sebagai orang perantauan wajib melestarikan seni buaya dari daerah kita masing-masing. Lanjut, ia mengatakan dengan melestarikan seni budaya ini banyak manfaat yang didapat, pertama seni budaya tetap terjaga dan kedua dapat membantu pemerintah dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

“Banyak sekali manafaat dari melestarikan seni budaya ini, pertama kebudayaan kita terjaga dan kedua bisa menghadirkan banyak wisatawan ke Kepri apabila pemerintah memfasilitasi kegiatan kesenian dan kebudayaan, “kata Muhammad Nuh, Kamis (27/12/2019) malam.

Lanjut, Muhammad Nuh menghimbau agar ormas atau paguyuban ini jangan hanya dijadikan tempat berkumpul saja, tapi forum ini harus bisa menciptakan hal-hal positif seperti tempat pengembangkan diri, meningkatkan perekonomia dan bisa membantu anggota pada khususnya dan masyarakat Kepri pada umumnya dalam urusan peradatan, seni dan lain sebagainya

“Selain dijadikan wadah silaturahim, paguyuban harus menjadi tempat mengembangkan keahlian baik dari kesenian tari maupun bela diri, serta bisa menciptakan peluang usaha dari kuliner dan lain-lainnya, “jelasnya.

“untuk di Fosiwaja sendiri kita siap membantu dalam persembahan palang pintu bagi saudara-saudara kita yang membutuhkan dalam pesta pernikahan, “sambungnya.

Muhammad Nuh juga menghimbau bagi masyarakat Betawi dan Jakarta yang berada di Kota Batam dan daerah lainnya untuk bisa bergabung di Paguyuban Fosiwaja. Adapun cara untuk bergabung di Fosiwaja dapat bergabung dalam group facebook Fosiwaja ataupun bisa langsung datang ke Sekretariat Fosiwaja Batam.

“Untuk saudara-saudara kita yang berasal dari Jakarta silahkan bergabung ke Fosiwaja. Untuk informasi silahkan bergabung di facebook Fosiwaja ataupun bisa datang ke Sekretariat Fosiwaja Batam. Ruko Mega Legenda Blok. D3 No.39 Batam, “tutupnya. (Nauffal)