Dilantik Sebagai Kapolri, Komjen Idham Aziz Naik Pangkat

by -
Dilantik Sebagai Kapolri, Komjen Idham Aziz Naik Pangkat
Pelantikan Kapolri Idham Azis (Foto:Monitor.co.id)

berita7.co.id Jakarta – Berdasarkan Surat Keputusan Presiden Nomor 97 Tahun 2019 tentang Pengangkatan Kepala Kepolisian Republik Indonesia, Presiden Joko Widodo resmi melantik Komisaris Jenderal (Komjen) Idham Aziz sebagai Kapolri yang baru di Istana Negara, Jakarta, Jumat (1/11/2019).

“Demi Allah saya bersumpah, bahwa saya akan setia kepada Negara Kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila dan UUD Tahun 1945. Serta akan menjalankan segala peraturan perundang-undangan dengan selurus-lurusnya demi darma bakti saya kepada bangsa dan negara,”ucap Jokowi yang diikuti Idham.

“Bahwa saya dalam menjalankan tugas jabatan akan menjunjung tinggi etika jabatan bekerja dengan sebaik-baiknya dan dengan penuh rasa tanggung jawab. Bahwa saya akan menjunjung Tribrata,” lanjut Idham masih mengikuti Jokowi.

Usai dilantik sebagai Kapolri, Idham Aziz langsung mendapatkan kenaikan pangkat satu tingkat lebih tinggi menjadi jenderal. Kenaikan pangkat ini berdasarkan Surat Keputusan Presiden No.98/Polri Tahun 2019 tentang kenaikan pangkat perwira Polri.

Setelah pembacaan Keputusan Presiden, penyematan tanda pangkat langsung dilaksanakan. Jokowi menanggalkan pangkat lama, yakni komjen dan menyematkan pangkat baru, yakni jenderal bintang empat kepada Idham Azis.

Idham Azis ditunjuk Jokowi menggantikan Tito Karnavian yang ditunjuk sebagai Mendagri dalam Kabinet Indonesia Maju. Ia ditetapkan setelah melalui fit and proper test oleh Komisi III DPR pada Rabu (30/10/2019) lalu.

Editor : Adi