Belum Selesai Corona, Wuhan Dilanda Banjir

by -
Belum Selesai Corona, Wuhan Dilanda Banjir
Wuhan Banjir Dahsyat (Foto : Epoch Times)

WUHAN – berita7.co.id. Wuhan, Tiongkok tempat awal munculnya virus Corona. Kini menjadi “Kota Air”, karena dihantam hujan lebat, Rabu (8/7).

Meluapnya permukaan Sungai Yangtze mencapai ketinggian 27,17 meter, melewati batas permukaan air peringatan setinggi 2,17 meter.

Beberapa minggu setelah hujan lebat yang menyebabkan beberapa titik banjir terburuk dalam beberapa dekade, 26 provinsi seluruh Cina Tengah dan Cina Selatan menghancurkan kehidupan lebih dari 19 juta penduduk, menurut pihak berwenang.

Curah hujan hampir setiap hari di seluruh peta besar Tiongkok, sejak Juni telah menyebabkan sekitar 300 sungai melebihi tingkat peringatan dan mendorong puluhan kota untuk mengirim peringatan darurat. Warga telah menceritakan rumah-rumah dan mobil-mobil hanyut dalam badai.

Menurut akun dari penduduk setempat dan video yang dibagikan secara online. Di kota besar Chongqing di Barat Daya Cina, air berlumpur mengalir melalui jendela dari lantai tiga sebuah bangunan perumahan membentuk air terjun buatan.

Dalam beberapa hari mendatang diprediksi akan ada hujan lebat susulan yang bakal mengakibatkan banjir yang lebih dahsyat.

Dikutip dari laman The Epoch Times, hampir 50 juta penduduk Cina menderita akibat bencana alam pada paruh pertama tahun 2020, menurut otoritas manajemen darurat Cina. Penghitungan resmi menyatakan bahwa bencana telah menyebabkan 271 orang hilang atau mati, dan 914.000 orang dievakuasi dengan segera, tetapi jumlah sebenarnya kemungkinan jauh lebih tinggi, mengingat kecenderungan pihak berwenang untuk menutupi informasi. (Ruv)