Enam Kapal Nelayan Asing, Ditenggelamkan Kejari Batam

by -
Enam Kapal Nelayan Asing, Ditenggelamkan Kejari Batam
Penggalap 5 unit kapal di pulau Pengalap Kepri Koral dan 1 unit KM. Laut Natuna (Thailand) di perairan PSDKP Batam. (Foto: Humas Kejari Batam)

berita7.co.id, BATAM – Kejari Batam menenggelamkan kapal nelayan asing sebanyak enam unit pada Minggu kemarin (7/10/2019), enam kapal tersebut tersebut terdiri dari KM BD 96687 (Vietnam), KM PKFB 1802 (Malaysia), KM BL 93579 (Vietnam), KM BD 97041 (Vietnam), KM PFKA 7751 (Malaysia) dan KM Laut Natuna (Thailand).

Adapun dasar eksekusi kapal tersebut berasal dari putusan Hakim Pengadilan Tanjungpinang, yang dinyatakan sudah Inkracht pada tanggal 24 September 2019 untuk lima perkara, sedangkan satu perkara lainnya berdasarkan pada putusan Mahkamah Agung (MA) pada tahun 2017 silam.

“Penenggelaman lima kapal dilakukan di Pulau Pengalap Kepri Koral dan satu unit kapal asal Thailand, dimusnahkan diperairan PSDKP Batam,” ujar Kasipidum Kejari Batam Novriadi Andra, Senin (7/10/2019). 

Lanjutnya, adanya perbedaan lokasi penenggelaman kapal dikarenakan kapal milik Thailand tersebut sudah tenggelam sebagian sehingga tak memungkinkan petugas untuk ditarik kelokasi lima kapal lainnya. 

Tak hanya itu, untuk kapal BD 96687 (Vietnam) juga telah ditenggelamkan pada 6 Oktober lalu, sekira pukul 01:00 WIB, namun kapal tersebut ketika akan ditarik ketitik penenggalaman, terjadi kebocoran dan tenggelam dengan sendirinya.

“Jadi kapal tersebut setelah dimuat dengan pemberat berupa batu dan pasir, ternyata kapalnya bocor dan tenggelam sendiri,” jelasnya. (Iqbal)